Tata Cara Umroh Benar Yang Sesuai Dengan Sunnah

Ibadah umroh merupakan bagian dari ibadah mahdoh bagaimana menjalankan Tata Cara Umroh Benar Yang Sesuai Dengan Sunnah, yaitu ibadah yang sudah ditetapkan syaratnya, rukunnya, tempatnya, sampai waktunya. Daftar paket umroh yang direkomendasikan.

Seumpama dengan melaksanakan sholat yang dimulai dengan niat dan diakhiri dengan salam, ibadah umroh juga dimulai dengan berihram (niat umroh) dan diakhiri dengan bertahalul (mencukur sebagian rambut).

Tata cara umroh dimulai dengan berihram dari miqat-miqot yang telah ditentukan. Miqat adalah garis start seorang jama'ah yang hendak melakukan ibadah umroh atau haji, dengan kata lain adalah tempat berihram (niat umroh) dan masuknya seseorang kedalam pelaksanaan umroh yang akan dilakukan.

Miqat dari Dzul Hulaifah menuju Masjid Al-haram.
Klik untuk memperbesar.

Pada kesempatan kali ini Insyaa Allah kita akan membahas mengenai tour travel haji umroh dan tata cara umroh lengkap dengan ilustrasi gambar dan do'a do'a ketika melakukan ibadah umroh.

Bagi Anda yang ingin melaksanakan umroh di Bulan November / Desember tahun ini klik Paket Umroh November / Paket Umroh Desember untuk informasi lebih lengkap.
 
 Umroh adalah salah satu kegiatan ibadah yang disunnahkan bagi muslim yang mampu. Umroh hanya bisa dilaksanakan di area Masjidil Haram dengan melakukan beberapa rangkaian ibadah yang telah ditetapkan. Tata cara umroh diawali dengan Niat Ihram dari miqat, tawaf di Ka'bah, Sa'i diantara bukit Shofa dan Marwah, dan diakhiri dengan Tahalul. Umroh dapat dilakukan kapan pun, kecuali pada hari Arafah yaitu pada tanggal 10 Zulhijah dan di hari-hari Tasyrik pada tanggal 11 sampai 13 Zulhijah.
  
Rangkaian Tata Cara Umroh

IHRAM
Ihram adalah pakaian wajib untuk memulai segala aktivitas saat berumroh, berpakaian ihram adalah memakai kain putih yang menutupi aurat ketika mengambil niat umroh di Miqot. Untuk laki-laki tidak boleh menggunakan bahan yang berjahit dan juga penutup kepala. Untuk perempuan, boleh menggunakan mukena, namun tidak boleh menutupi telapak tangan dan juga wajah. Dianjurkan mandi junub dan memakai wangi-wangian sebelum mengenakan pakaian Ihram
    
TAWAF
Tawaf adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang yang mengerjakan ibadah umroh. Kegiatan tawaf mengitari Ka'bah sebanyak 7 kali putaran.

Tawaf dimulai dari Hajar Aswad, tepat disisi sebelah kanan terdapat lampu berwarna hijau sebagai batas tanda dimulainya tawaf. Setelah siap dengan wajah menghadap ke Ka'bah sambil melambaikan tangan lalu mengucapkan “Bismillah, Allahu Akbar”.

Syarat sahnya thawaf; suci dari najis, hadas besar dan kecil, posisi Kabah ada di sebelah kiri.

Sepanjang Tawaf memperbanyak zikir dan membaca do’a (boleh do’a apa saja sesuai keperluan dan kepentingan masing-masing).

Setelah tawaf melakukan sholat sunnah dua rakaat dibelakang Maqam Nabi Ibrahim dan setelah itu dilanjutkan minum Air Zam-zam.
    
SA'I
Sa’i termasuk dalam rukun umroh. Sa'i dilakukan berjalan diantara bukit Safa dan Marwah sebanyak 7 kali putaran. Sa'i merupakan napak tilas untuk tahu dari mana sumber air zam zam dimana dahulu ibu dari Nabi Ismail AS harus berlarian untuk mencari air bagi putranya, dan sampai sekarang air zam-zam terasebut terus mengalir dan tidak pernah kering walaupun setiap harinya ada jutaan jamaah umroh yang meminumnya. Berdasarkan riset air zam-zam merupakan mata air paling bagus yang ada di dunia.
    - Melakukan Sa’i dimulai dari Safa dan berakhir di Marwah
    - Melakukan Sa’i ada waktunya berlari-lari kecil setiap kali melintasi lampu yang berwarna hijau.
    Hintungan putaran Sa'i dari Safa ke Marwah 1, dan dilanjutkan dari Marwah ke Safa 2, begitu juga seterusnya sampai hitungan yang ke 7 berakhir di Marwah.

    
TAHALUL
Tahalul adalah mencukur atau memotong beberapa helai rambut, ini akan menjadi puncak akhir dari ibadah selama di tanah suci. Meskipun bisa memotong rambut sendiri, namun anda di haruskan meminta orang lain untuk memotongkan untuk anda. (Boleh mencukur sebagian dan boleh juga mencukur semuanya)
    
Tertib
Jelas, semua rangkaian tersebut harus dilakukan dengan tertib, sesuai urutan dan aturan yang berlaku, tidak boleh ditambah atau dikurang-kurangkan.


Alhamdulillah umroh selesai.

Melakukan travel Umroh pun dapat memberikan pelajaran sejarah menjadi lebih real dimana bagi yang bisa mengerjakanya dapat mendatangi langsung tempat-tempat yang dijadikan sebagai tempat berkembangnya islam untuk pertama kalinya. Terdapat beberapa filosofi dan sejarah di dalam perjalanan umroh, diantaranya:

Pakaian ihram yang dipakai menandakan kesederhanaan dan kesucian dari hati serta jiwa. Pakaian ihram tidak terdapat unsur sombong di dalamnya.

Dalam pelaksanaan thawaf ada pembelajaran mengenai semesta yang senantiasa berputar dengan bilangan tujuh sebagai simbol tujuh bilangan hari, tujuh lapis bumi dan langit serta adanya tujuh surga serta neraka bagi ummat.

Sa’i melambangkan kasih sayang seorang ibu dimana kala itu Siti Hajar berlari antara bukit shafa dan Marwah sebanyak tujuh kali untuk mencari air demi anaknya, Nabi ismail.

Beberapa tempat di sekitar Makkah dan Madinah menjadi saksi bisu perkembangan agama Islam akan semakin memperkuat keimanan serta ketakwaan karena kita bisa menyaksikan sendiri tempat tersebut benar benar ada dan simbol Islam di masa lampau.


Perbedaan umroh dengan haji dari segi pelaksanaan waktu dan tempat
Umroh bisa dilakukan sembarang waktu atau kapan saja sesuai keinginan dan hanya dilakukan di Mekkah, sedangkan untuk melakukan haji antara tanggal 8 Dzulhijjah sampai 12 Dzulhijjah dan mengikuti beberapa ritual hingga keluar kota Mekkah

Perbedaan umroh dengan haji dari segi tata caranya
kegiatan di atas juga akan dilakukan saat berhaji, namun tidak semua kegiatan umroh sama dengan kegiatan haji. Berikut ini beberapa hal yang tidak di lakukan ketika umroh:

LEMPAR JUMRAH
Ini anda harus lakukan saat haji, dimana semua orang akan melempar batu ke tugu yang dahulu di lakukan Nabi Adam AS untuk mengusir setan. Kegiatan fisik ini memang bisa diwakilkan dengan memberikan wewenang kepada seseorang, untuk mereka yang mempunyai fisik tidak memadahi.

WUKUF
Hal utama yang menjadi syarat haji adalah wukuf di padang arafah, dimana semua jamaah akan berada di luar tenda selama beberapa jam di tengah hari. Pada hari tersebut, semua jamaah akan melakukannya, baik itu dalam kondisi sakit apapun, karena jika tidak dilakukan maka hajinya tidak akan sah.

Lihat ke Travel Umroh Jakarta yang resmi memiliki pilihan paket umroh

Postingan populer dari blog ini

Metode Belajar Guru Les Privat Ke Rumah

Harga Grosir Karpet Termurah Di Jakarta